MENGENAL BANGSA MONGOL




Pendahuluan   
     Bangsa mongol mulai dikenal dalam sejarah dunia pada abad ke 12 Masehi atau sekitar akhir abad ke 6 H. Tidak lama lama setelah itu mereka menjelma menjadi kekuatan besar yang ditakuti. Dalam jangka waktu kurang dari seperempat abad tepatnya pada abad ke 7 H/13 M Mongol sudah mampu membangun kekhanan terbesar yang luasnya belum pernah ada tandingannya sebelumnya. Wilayah terluas yang dapat mereka taklukkan adalah dari ujung timur jepang manchuria, dan area lautnya, sampai bagian tengah eropa , dari utara siberia hingga Utara jazirah arab,hingga kawasan utara indochina.
    Kebanyakan orang cenderung menyamakan antara Mongol dan Tatar. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mongol adalah kelompok besar ras manusia yang mendiami asia tengah utara, timur hingga asia barat. Tatar adalah integral dari mongol yang mendiami asia barat yang secara terpisah dari bangsa induknya memiliki wilayah dan kedaulatan tersendiri. namun pada akhirnya tatar musnah akibat perang dengan mongol dan perang dengan kerajaan kristen Rusia dan Eropa.

Kondisi Lingkungan Bangsa Mongol
   Bangsa mongol mendiami kawasan yang memiliki iklim maupun cuaca yang relatif sama. mendiami kawasan kontinental dengan diversitas rendah ala stepa atau padang rumput dan gurun pasir, serta pegunungan kering. Tidak ada hutan maupun vegetasi yang mampu melindungi mereka dari iklim makro. Sehingga ketika musim dingin suhunya ekstrim, dingin kering bersalju dan berangin kencang  dengan suhu jauh dibawah nol dan sebalikntya ketika musim panas, kondisinya seperti gurun dengan udara panas menyengat diatas 35 C
     Dengan kondisi lingkungan yang miskin vegetasi ( hanya rumput dan semak), bangsa mongol hidup dari mengembala domba dan berburu dengan menggunakan elang maupun anjing. Ketika suatu lembah maupun bukit yang semula dipenuhi rumput sudah menipis, mereka berpindah tempat untuk mencari sumber air dan makanan yang baru bagi mereka dan ternak mereka.
    Begitulah kodisi mereka hingga jika terdapat kelaparan karena wabah penyakit ataupun kekeringan, perang, penjarahan dan perebutan sumberdaya  lingkungan secara paksa merupakan hal yang biasa mereka lakukan untuk mempertahankan kehidupan kelompok mereka.

Kelompok suku Bangsa Mongol

  • Turki
  • Kyrghiz
  • Tatar
  • Uyghur
  • Kazakh
  • Mongol (Naiman Taichiud Kerreyit, Jalayr, Merkit, Ongirad)
  • Khitai

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak ada Jendral dalam korban G30S PKI

 Pembaca yang terhormat, anda harus tahu bahwasanya tidak ada Jendral dalam korban G30S PKI. Dari semua korban paling senior yaitu letnan je...