LANDASAN IDIIL DAN LANDASAN KONSTITUSIONAL DAN OPERASIONAL

  •  Landasan Idiil 
Jika anda mencari makna atau arti kata idiil dalam bahasa Indonesia, maka akan anda temukan bahwa idiil diartikan sebagai "berkaitan dengan gagasan dasar bernegara atau falsafah kenegaraan". Idiil sendiri berasal dari kata latin ideal  yang berarti yang bersifat ide, gagasan,  idaman, pandangan kedepan.
Pancasila telah diakui sebagai ideologi dan dasar negara yang terumuskan dalam pembukaan UUD 1945, pada hakikatnya mencerminkan nilai-nilai keseimbangan, keserasian, keselarasan, persatuan, dan kesatuan. Perpaduan nilai-nilai tersebut mampu mewadahi kebhinekaan seluruh aspirasi bangsa Indonesia. Pancasila merupakan sumber motifasi bagi perjuangan seluruh bangsa Indonesia dalam tekadnya untuk secara berdaulat dan mandiri manata kehidupan didalam negara kesatuan republik Indonesia. Pancasila sebagai falsafah ideologi bangsa dan dasar negara mempunyai kekuatan hukum yang mengikat para penyelenggara negara, para pemimpin rakyat dan seluruh rakyat indonesia.

Pengajawahan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara diaktulisasikan dengan mesyukuri akan segala anugrahnya baik dalm wujud kontelasi dan posisi geografi maupun segala isi dan potensi yang dimiliki wilayah nusantara untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi peningkatan harkat, martabat bangsa dan negara Indonesia. Hal-hal tersebut menimbulkan rangsangan dan dorongan kepada bangsa Indonesia untuk membina dan mengembangkan segala aspek dan dimensi kehidupan nasionalnya secara dinamis, utuh dan menyeluruh, agar mampu mempertahankan identitas, integritas dan kelangsungan hidup serta pertumbuhannya dalam perjuangan mewujudkan cita-cita nasional. Setelah menegara dalam menyelenggerakan kehidupan nasionalnya. Bangsa Indonesia didorong oleh motifasi untuk mencapai tujuan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional.



  •  Landasan Konstitusional
Akar kata konstitusi juga berasal dari bahasa yang sama yaitu bahasa latin, yang diadopsi oleh eropa dan selanjutnya diadopsi seluruh dunia. Konstituo, konstituonalis, yang berarti peraturan atau pemukiman, sah, pokok, atau mendasar. Dalam kamus KBBI  konstitusional diartikan "bersangkutan dengan, sesuai dengan, atau diatur oleh konstitusi suatu negara. UUD 1945 merupakan kontitusi dasar yang menjadi pedoman pokok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bangsa indonesia menyadari bahwa bumi, air, dan udara diatasnya serta kekayaan alam yang terkandung dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Oleh karena itu Bangsa Indonesia bertekad mendayagunakan segenap kekayaaan alam, sumber daya serta seluruh potensi nasional yang dikelola berdasarkan kebijakan yang terpadu, seimbang, serasi, dan selaras untuk mewujudkan kesejahteraan dan keamanan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah yang tetap memperhatikan kepentingan daerah penghasilan secara proporsional dalam keadilan.

Maka dengan demikian UUD 1945 seharusnya dan sewajarnya menjadi landasan konstitusional dari dari wawasan nusantara yang merupakan cara pandang bangsa indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Landasan operasional 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak ada Jendral dalam korban G30S PKI

 Pembaca yang terhormat, anda harus tahu bahwasanya tidak ada Jendral dalam korban G30S PKI. Dari semua korban paling senior yaitu letnan je...