SLUG: SIPUT TAK BERCANGKANG

Siput telanjang, Siput Slug atau siput tanah, adalah sebutan umum untuk gastropoda molluska tak bercangkang. Slug juga sering digunakan sebagai bagian dari nama umum moluska gastropoda yang tidak memiliki cangkang, cangkang yang tak utuh, atau hanya cangkang internal kecil,


Menggambar siput dengan label untuk kaki (sisi bawah), pinggiran kaki yang mengelilinginya, mantel di belakang kepala, pneumostom untuk bernafas, dan tentakel optik dan sensoris.
Anatomi eksternal siput
Anatomi eksternal siput meliputi:

Tentakel
Seperti gastropoda tanah paru lainnya, mayoritas siput darat memiliki dua pasang 'perasa' atau tentakel di kepala mereka. Pasangan atas adalah penginderaan ringan dan memiliki eyespots di ujungnya, sedangkan pasangan yang lebih rendah memberikan indra penciuman. Kedua pasang itu bisa ditarik.

Mantel
Di atas siput, di belakang kepala, ada mantel berbentuk pelana, dan di bawah ini adalah alat kelamin dan anus. Di satu sisi (hampir selalu di sisi kanan) mantel adalah lubang pernafasan, yang mudah dilihat saat terbuka, namun sulit dilihat saat ditutup. Pembukaan ini dikenal sebagai pneumostom.

Ekor
Bagian dari siput di balik mantel disebut 'ekor'.

Lunas
Beberapa spesies siput, misalnya Tandonia budapestensis, memiliki punggungan menonjol yang membentang di punggung mereka sepanjang bagian tengah ekor (terkadang sepanjang ekor, kadang hanya bagian akhir). Punggungan ini disebut 'keel'.

Kaki
Sisi bawah siput, yang rata, disebut 'kaki'. Seperti hampir semua gastropoda, siput bergerak dengan gelombang berirama kontraksi otot pada bagian bawah kakinya. Ini secara bersamaan mengeluarkan lapisan lendir yang dilaluinya, yang membantu mencegah kerusakan pada jaringan kaki. [3] Di sekitar tepi kaki dalam beberapa taksa adalah struktur yang disebut 'pinggiran kaki'.

Kulit berjemur
Sebagian besar siput menyimpan sisa cangkangnya, yang biasanya diinternalisasi. Organ ini umumnya berfungsi sebagai penyimpanan garam kalsium, sering bersamaan dengan kelenjar pencernaan. [4] Cangkang internal ada di Limacidae [5] dan Parmacellidae. [6] Dewasa Philomycidae, [5] Onchidiidae [7] dan Veronicellidae [8] kekurangan kulit kerang.

Fisiologi [sunting]

Siput Ambigolimax yang aktif di Fremont, California
Tubuh siput a
dan
See also
dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya, hak dan kewajiban, dan lagi, tenang dan damai
Translations of dan
conjunction
and
dan, serta, dengan, en, tambah
preposition

cum
dengan, dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak ada Jendral dalam korban G30S PKI

 Pembaca yang terhormat, anda harus tahu bahwasanya tidak ada Jendral dalam korban G30S PKI. Dari semua korban paling senior yaitu letnan je...